Tuesday, February 24, 2015

Sikap yang memperburuk masalah

Apa jadinya jika kita ingin menyelesaikan malah tambah memperburuknya?bagaimana rasanya? Makin tambah segala sesuatu yang menyebabkan putus asa kan? "Apa ada yang salah?"   Ya mungkin sikap anda yang salah. "Lalu harus gimana dong?" Klo udah terlanjur mau gimana lagi? Tapi yang terpenting kita tidak memperburuknya lagi. Tapi sobat harus tahu ada sikap yang bisa memperburuk masalah, berikut hal yang dapat memprburuk masalah sebagai berikut :


¤  berbohong pada diri sendiri
Tahukah sobat? Jika kita tidak mengakui sesuatu yang menjadi kekurangan kita akan malah menambah masalah. Jasi kita harus jujur bukan saja pada orang lain tapi juga pada diri sendiri. Memang manusia ingin selalu lebih baik, tapi sesekali conbalah sobat menerima diri sobat apa adanya. Hal sekecil itu akan dapat meringankan masalah sobat.


¤  tidak mau mengakui kesalahan
Seperti yang saya sebut diatas sikap ini memang sedikit sepele, tapi tidak banyak orang yang dapat melakukan hal tersebut. Cobalah untuk meminta maaf. "'Tapi kan saya tidak bersalah?" Salah atau tidak yang terpenting kita meminta maaf, tidak ada salahnya juga kan?. "Lalu bagaimana jika dia tidak mau memaafkan?" Yah itu urusan belakangan yang terpenting kita tidak memperburuk suasana.


¤  memendam maaalah sendiri
"Lho bukannya itu perlu?"  Ya tapi ada kalanya sobat harus membagi masalah sobat dengam orang lain. "Nanti malah bocor ke mana-mana?  Cobalah sobat curhat ke orang tua sobat, jika sobat jauh dar orang tua maka curhat pada sahabat atau teman sobat. Kalau tidak mau juga sobat bisa curhat pada tuhan. Yuhan tidak akan membocorkan masalah anda, Dia juga akan memberi solusi yang tidak terduga cepat atau lambat.


¤  terlalu memikirkannya
Jika anda terlalu memikirnlkan masalah akan terasa lebih rumit. "Bagaimana bisa untuk tidak memikirkannya?"    Yaa..memang susah tapi cobalah sobat untuk menghibur diri, entah itu hanya aekwdar main game atau jalan-jalan. Setidaknya sobat tidak terlalu memikirkan masalah tersebut untuk sejenak.


¤  menyalahkan takdir
Pernahkah anda menyalahkan takdir karena masalah sobat? Jika penah berhentilah secepatnya. Menyalahkan takdir tidak akan membuat masalah cepat selasai. Mungkin juga malah dapat memperburuknya. Bukan takdir yang salah tapi itu karena hidup itu penuh denhan ujian. Tahu kan sobat?  Saat kita ujian sekolah kelas satu, apa soal ujiannya sama dengan anak yang sudah kelas dua? Tentu tidak. Begitu juga takdir? Tuhan akan memberikan masalah sesuai kemampuan kita. Tapi semua itu terhantung kita, memyelesaikannya dengan curang atau dengan jujur.



Kesimpulan : kalau memebahas masalah tidak akan ada habisnya,tapi kita akan menjadi lebih karena dewasa masalah itu sendiri, batu akik tidak akan bernilai tinggi jika tidak diasah ataupun dibentuk.